Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Jum. Agu 23rd, 2019

Cara Menghapus Featured Image double (Thumbnails) WordPress Secara Otomatis

2 min read

Cara Menghapus Featured Image WordPress – Terkadang kita ingin membuang semua featured image karena alasan tertentu misal ingin blognya lebih kencang dan sebagainya. Jika jumlah postingannya hanya sedikit tentunya bukan hal sulit unruk menghapus gambar-gambar thumbnails ini. Namun lain lagi jika jumlah postingan sudah banyak, selain dapat melelahkan dan juga tentunya waktu akan terbuang secara percuma. Solusi tepatnya adalah dengan menggunakan trik khusus yang akan saya bahas disini.

Seperti dulu halnya blog ini ketika menggunakan template dari MyThemeShop, saya modifikasi blog tanpa thumbnails sedikitpun, baik featured image yang ada di postingan dan juga pada sidebar dan related post. Memang ada bagusnya juga blog tanpa featured image yaitu kinerja blog dalam hal kecepatannya akan meningkat. Walaupun tahu kalau tanpa thumbnails kecepatan blog akan bagus, namun saat ini saya lagi suka menggunakan featured image

/*------------------------------------------------------------------*/
/* Menghapus Featured Images
/*------------------------------------------------------------------*/
global $wpdb;
$attachments = $wpdb->get_results( "
SELECT *
FROM $wpdb->postmeta
WHERE meta_key = '_thumbnail_id'
" );
foreach ( $attachments as $attachment ) {
wp_delete_attachment( $attachment->meta_value, true );
}
$wpdb->query( "
DELETE FROM $wpdb->postmeta
WHERE meta_key = '_thumbnail_id'
" );

Dan paste atau sisipkan pada functions.php theme yang Anda gunakan. Jika belum ada file functions.php maka silakan Anda buat dulu menggunakan Notepad dan upload melalui cPanel. Namun saya rasa hampir semua template sudah ada file functions.php.

Untuk masuk ke file functions.php bisa dilakukan dari pintu utama WordPress wp-admin untuk menuju ke halaman Dashboard, atau bisa juga dari cPanel Hosting. Silakan Anda pilih mana yang lebih gampang dan lebih suka.

Kedepannya jika semua featured image sudah terhapus secara otomatis karena pengaruh kode diatas, maka Anda bisa menghapus kode tersebut dari file functions.php. Karena selama ada kode tersebut maka Anda sampai kapanpun tidak akan bisa untuk menampilkan gambar thumbnails.

Bagaimana mudah bukan? Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Menghapus Featured Image WordPress Secara Otomatis Tanpa Plugin. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi yang membutuhkan dan salam sukses

Facebook Comments
Copyright © All rights reserved. | News by AF MD5.