Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Jum. Agu 23rd, 2019

Cara install Wine

1 min read

Apa itu Wine? 

Wine adalah salah satu software gratis untuk Linux yang dapat menjalankan aplikasi Windows di Linux. Dengan adanya Wine ini, pengguna Linux bisa menjalankan aplikasi yang biasa berjalan pada sistem operasi windowsa baik itu software maupun games. tapi perlu diingat bahwa Wine bukan sebuah emulator! 



Cara install wine di Linux 

Untuk instalsai wine sangatlah mudah, silahkan ikuti langkah-langkahnya,,, 

Untuk pengguna CentOS/Fedora/Rahel terlebih dahulu tambahkan EPEL repository

# rpm  -Uvh https://dl.fedoraproject.org/pub/epel/6/i386/epel-release-6-8.noarch.rpm

Selanjutnya tinggal install wine dengan menggunakan perintah berikut:

# sudo yum -y install wine

Untuk pengguna Debian/Ubuntu, biasanya sudah termasuk dalam official repositorinya, jadi bisa langsung tinggal install saja dengan menggunakan perintah berikut: # sudo apt-get update && sudo apt-get install wine

Setelah selesai install wine, silahkan coba jalankan aplikasi yang biasa digunakan di sistem operasi Windows. disini saya akan contoh seperti notepad++, winrar, mozilla firefox, dll.

Perlu diingat! Tidak semua aplikasi yang berjalan pada sistem operasi windows bisa berjalan di linux dengan sempurna, ada juga yang tidak bisa sama sekali. karena aplikasi wine ini masih saja terus di kembangkan, tanpa meniru selayaknya kerja windows ataupun membajak hak cipta dari windows karena Wine ini memang bukan sebuah emulator dari Windows.

Sekian catatan saya mengenai Cara mudah Menjalankan Aplikasi Windows dengan Wine di Linux, jika ada yang kurang, mohon dimaklumi, wassalam… 

Facebook Comments

1 thought on “Cara install Wine

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | News by AF MD5.