Pengertian Microsoft PowerPoint Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Komputer

Pengertian Microsoft PowerPoint Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Sekarang perkembangan teknologi dan informasi kian terasa. Terbukti dengan lahirnya berbagai peralatan yang membantu pekerjaan manusia, seperti komputer, laptop dan lain-lain. Selain berfungsi untuk mencari informasi, apabila terkoneksi ke internet, komputer juga memiliki berbagai aplikasi nan mampu menyederhanakan tugas, misalnya membuat dokumen, mengolah angka, membuat file presentasi dan sebagainya.

Beberapa program dengan fungsi yang telah disebutkan adalah Microsoft Office Word, Excel dan PowerPoint. Mereka merupakan produk keluaran Microsoft Corporation yang menjadi satu paket. Tapi, yang hendak penulis bahas kali ini adalah Microsoft PowerPoint. Pasti di antara pembaca sudah tidak asing lagi dengan software tersebut. Pasalnya, Microsoft PowerPoint merupakan aplikasi yang sangat penting serta kerap dipakai untuk melakukan presentasi, baik oleh siswa, mahasiswa maupun perusahaan. Dengan program ini, pengguna dapat menampilkan beragam tulisan, gambar hingga video.

Meski terdapat software sejenis di luar sana, namun Microsoft PowerPoint belum kehilangan popularitasnya. Hal itu dikarenakan dari segi pemakaian, Microsoft PowerPoint lebih mudah alias user friendly. Microsoft PowerPoint juga memiliki berbagai kelebihan yang mendukung penyampaian presentasi. Apa saja? Simak pengertian Microsoft PowerPoint beserta fungsi dan keunggulan PowerPoint.

Pengertian Microsoft PowerPoint


Microsoft PowerPoint adalah software yang dipakai untuk merancang bahan presentasi dalam bentuk slide. Menurut Susilana, PowerPoint merupakan program aplikasi presentasi dalam komputer. Dengan bantuan software tersebut, seseorang bisa membuat bentuk presentasi profesional dengan mudah dimana presentasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran.

Dennis Austin dan Bob Gaskins adalah dua orang yang pertama kali mengembangkan program ini. Kala itu, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai presenter oleh perusahaan Forethought, Inc. dan kemudian namanya diubah menjadi PowerPoint. PowerPoint menjadi aplikasi Microsoft Office yang paling banyak digunakan selain Microsoft Word dan Excel.

Fungsi Microsoft PowerPoint
Setiap program tentu diciptakan dengan tujuan yang jelas, tidak terkecuali PowerPoint. Program atau software ini mempunyai beragam fungsi dan manfaat, antara lain:

Memudahkan pengguna mengatur materi yang hendak disampaikan.
Membuat audience lebih gampang memahami materi presentasi karena hanya menampilkan poin-poin utama yang disuguhkan dalam bentuk slide.
Membuat penyajian materi lebih berkesan, apalagi jika pengguna menambahkan animasi-animasi di dalamnya. Sebab, pada kasus yang sering ditemui, audience kurang fokus dan bosan apabila materi nan ditampilkan monoton.
Kelebihan & Kekurangan Microsoft PowerPoint
Seperti halnya program aplikasi yang lain, PowerPoint juga memiliki kelebihan dan kekurangan, di antaranya:

A. Kelebihan

1. Memudahkan Pengguna Membuat Slide Presentasi
Microsoft PowerPoint memudahkan seseorang yang sering melakukan presentasi di depan umum, terutama memakai alat bantu seperti screen projector. Dengan software tersebut, Anda bisa menyiapkan slide presentasi yang berkualitas dalam hitungan jam, bahkan menit.

2. Dilengkapi Beragam Tools
Dalam aplikasi PowerPoint terdapat berbagai tools, seperti text art, image import, animation import, video import dan lain-lain yang akan membuat slide terlihat menarik. Tak hanya itu, keberadaan fitur-fitur tersebut juga berguna bagi yang ingin menyisipkan suara untuk menghasilkan slide yang lebih hidup dan membangkitkan emosi tertentu saat dipresentasikan.

3. Template Bervariasi
Template merupakan salah satu fitur yang terdapat pada PowerPoint. Template digunakan sebagai latar belakang untuk mempercantik tampilan presentasi. Tidak hanya satu, background yang disediakannya bervariasi. Sehingga, pengguna bebas mengkreasikan slide dan tidak terfokus pada satu bentuk tampilan.

4. Dapat Diexport ke PDF
Ketika hendak mempresentasikan sesuatu, tentu Anda memberikan selebaran atau pegangan pada para audience supaya mereka memahami poin-poin yang sedang dibahas. Tapi, kadang beberapa dari mereka tidak menggunakan platform Microsoft, sehingga file yang telah didistribusikan tidak bisa dibuka.

Nah, dengan adanya fitur ini, setiap audience dapat melihat dokumen yang dibagikan. Di samping itu, fitur export file ke PDF sangat berguna bila Anda akan mem-print slide. Apalagi, format PDF telah disupport oleh berbagai platform, sehingga Anda bisa mencetaknya melalui platform dan mesin apa saja.

5. Memiliki Fitur Kolaborasi
Ketika dikejar-kejar deadline, pasti Anda amat membutuhkan pertolongan untuk menyelesaikannya, bukan? Tidak perlu khawatir karena software PowerPoint mempunyai fitur kolaborasi yang memungkinkan seseorang bisa mengedit file presentasi secara bersamaan dari komputer berbeda. Sehingga, proses pengerjaan slide menjadi lebih cepat dan mudah.

6. Terdapat Fitur Cloud Service
Saat ini, Microsoft sedang gencar-gencarnya berupaya untuk memperkenalkan produk mereka, yakni One Cloud Service. Tak mau kalah dari kompetitornya, seperti Dropbox dan Google. Microsoft pun sengaja menyematkan embedded service dari program tersebut ke Microsoft PowerPoint dengan menyediakan opsi save to one cloud dan menerapkannya sebagai default penyimpanan sebelum pengguna menaruhnya ke local storage.

7. Fitur Authoring Sangat Advanced
Microsoft PowerPoint menawarkan berbagai solusi untuk memproteksi dokumen dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yakni dengan fitur authorisasi. Pengguna bisa menandai, memberi kata sandi sampai mengenkripsi file yang telah dibuat menggunakan aplikasi tersebut.

B. Kekurangan

1. Hanya Bisa Digunakan Pada Platform Microsoft
Software pengolah data presentasi itu hanya dapat dioperasikan pada platform Windows. Microsoft juga belum mengeluarkan software tersebut untuk OS lain, seperti Mac dan Linux. Sehingga, pekerjaan yang telah Anda rampungkan dengan PowerPoint tidak bisa diakses memakai platform selain Windows.

2. Ketidakstabilan Dokumen Pada Tiap Versi
Kekurangan yang satu ini kerap dijumpai pada software-software nan dikembangkan oleh Microsoft. Biasanya, file yang dibuat pada versi lama, misalnya tahun 2007 tidak bisa digunakan secara sempurna di versi 2010, begitu sebaliknya.

3. Harga Terlalu Mahal
Aplikasi ini terbilang mahal, khususnya untuk pelajar, mahasiswa dan pemilik usaha kecil. Sebab, Microsoft memang mengeluarkannya untuk konsumen yang berasal dari kalangan pengusaha serta perusahaan besar. Tapi, dengan support dan pembaharuan software yang terus dilakukan, membuat produk mereka tetap dipakai oleh sebagian besar masyarakat.

4. Tergolong Program yang Berat
Untuk bisa mengoperasikan PowerPoint, komputer harus mempunyai spesifikasi yang baik. PC jadul dengan spesifikasi perangkat keras yang rendah akan kesulitan dalam menjalankannya, bahkan mungkin mengalami hang atau crash.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian Microsoft PowerPoint beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga setelah membaca artikel di atas, ada banyak pengetahuan yang bisa Anda peroleh dan mulai menggunakan fitur-fitur yang ada di Microsoft PowerPoint secara maksimal.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *