75n1.com

close
close

Follow by Email

CARA Mempercepat Startup Komputer Dengan MsConfig

MsConfig atau System Configuration adalah sistem operasi pada windows 7 yang dapat membantu mengidentifikasi masalah (Problem) yang menyebabkan komputer tidak bisa Startup atau Shut Down dengan benar.

Terkadang saat melakukan Startup atau Shut Down Windows kita sering menjumpai saat startup atau shut down begitu lama, pada saat proses Startup atau Shut Down Windows akan mejalankan program – program secara otomatis. Program – program tersebut akan sangat berpengaruh pada RAM Anda sehingga membuat proses Startup atau Shut Down Windows pada komputer Anda menjadi lebih lama.

Hal inilah jika banyak program – program yang secara otomatis dijalankan oleh Windows pada saat Startup atau Shut Down maka semakin lama pula waktu Startup atau Shut Down yang dibutuhkan oleh komputer Anda.

Ada banyak cara mempercepat proses Startup atau Shut Down pada komputer teman teman diantaranya sebagi berikut :

1.Pada Keyboard tekan tombol Start + R (Run) ketikan msconfig kemudian OK.


2.Pada tab Boot beri centang pada No GUI boot ini akan menghilakan tulisan Windows pada saat melakukan Startup (Booting)


3.Kemudian pada tab Services hilangkan centang yang tidak perlu saat melakukan Startup atau Shut Down


Berikut ini adalah beberapa service yang bisa dimatikan :

Diagnostic Policy Services :

Service ini hanya berguna mendiagnostik masalah umum komputer, service ini tidak begitu diperlukan solusi permasalahan komputer dewasa ini dapat ditemukan dengan mudah dari internet.

Windows Event Log :

Jika Anda tidak pernah berpikir detail seperti seorang administrator komputer, maka anda dapat menonaktifkan service ini. Fungsi Event Log yaitu merekam semua Event (kejadian) pada Pc / Laptop. Anda dapat melihat Event Log ini melalui Start menu > Settings > Control Panel > System and Sucurity > Adminitrative Tool > double klik Event Viewer.

Fax :

Jika Anda tidak pernah menggunakan fax pada Pc / Laptop Anda hilangkan saja.

Program Compatibility Assistant Services :

Sesuai dengan namanya, hanya memantau kompatibilitas program.

Performance Logs & Alerts :

Hanya mencatat Log Performa komputer.

Smart Card :

Service Card ini digunakan untuk mengakses kartu yang dapat dibaca oleh komputer. Biasanya smart card dibutuhkan hanya oleh perusahaan-perusahaan besar. Jadi laptop Anda tidak akan mengalami masalah jika Service ini Anda matikan (disable).

System Event Notification Service :

Bagi kebanyakan orang service ini dianggap tidak penting, kecuali bagi Anda yang selalu bekerja dengan jaringan dan maintenance System Event ini.

Remote Desktop Services :

Service ini berfungsi untuk mengijinkan orang lain untuk megakses komputer dari jarak jauh.

Windows Error Reporting Service :

Fungsi dari service ini adalah untuk memunculkan pesan error jika Laptop Anda mengalami masalah Error yang krusial.

Windows Update :

Jika Anda tidak ingin melakukan update Windows berkala secara otomatis Anda dapat mematikan service windows yang satu ini. Windows update biasanya cukup besar, ini akan membuat jatah paket internet Anda cepat berkurang secara signifikan jika Anda menggunakan paket internet tertentu.

Remote Registry :

Service / Proses ini digunakan untuk mengubah Registry dari jarak jauh. Jika Anda mematikan proses backgound ini maka Anda akan sedikit lebih aman dari serangan virus komputer yang menginveksi dengan cara mengubah berbagai registri yang ada di komputer.

Secondary Logon :

Service ini gunakan untuk melakukan log on alternatif ketika Laptop / PC Anda mengalami masalah. Namun pada kenyataannya jika komputer Anda sistemnya kuat maka tidak akan terjadi masalah untuk dinonaktifkan.

Task Scheduler :

Service ini dapat Anda matikan jika Anda tidak mau menjalankan “Task” rutin.

4. Dan yang terakhir di tab Startup hilangkan yang menurut Anda tidak berguna kemudian klik Apply > OK.


5. Kemudian pilih Restart


MsConfig atau System Configuration berfungsi untuk mengatur konfigurasi / setting bagaimana komputer windows menyala, program dan service apa saja yang berjalan saat windows mulai aktif. Semua pengguna windows dapat memanfaat fitur ini sebaik-baiknya.


Demikian tips mempercepat Startup komputer dengan MsConfig pada Laptop / PC, teman teman bisa melakukan sendiri tanpa bantuan teknisi komputer. Setelah melakukan Restart ulang maka anda akan lebih cepat login windows dari pada sebelumnya.Thank's Anon
Labels: Mekanik

Thanks for reading CARA Mempercepat Startup Komputer Dengan MsConfig. Please share...!

0 Comment for "CARA Mempercepat Startup Komputer Dengan MsConfig"

Back To Top