75n1.com

close
close

Follow by Email

KONSEP REKAYASA WEB DAN ISTILAH-ISTILAH TERKAIT DENGAN REKAYASA WEB

Siang semua :) ada yang bertanya tentang web rekayasa -yaudah saya buat artikle aja .. hehhehok lanjut 

Rekayasa web adalah proses yang diunakan untuk menciptakan aplikasi web yang berkualitas tinggi. Rekayasa web mengadaptasi rekayasa perangkat lunak dalam hal konsep dasar yang menekankan pada aktifitas teknis dan manajemen. Namun demikian adaptasi tidak secara utuh, tapi dengan perubahan dan penyesuaian. 

   Rekayasa web gabungan antara web publishing (suatu konsep yang berasal dari printed publishing) dan aktifitas rekayasa perangkat lunak. Dikatakan demikian karena desain sebuah aplikasi web menekankan pada desain grafis, desain informasi, teori hypertext, desain sistem dan pemrograman.


Ciri & sifat Web aplikasi


Network intensive.
Content-Driven.
Continuous evolution.
Document-oriented.

Karakteristik Web Aplikasi

Immediacy.
Security.
Aesthetics.

KONSEP DASAR

Tak dapat dipungkiri memang, semua ini merupakan hasil dari revolusi informasi dunia internet yang sangat cepat. Sedemikian cepatnya mengakibatkan tidak semua orang dapat mengikuti perkembangan yang terjadi dengan baik.
Pertanyaan yang muncul sekarang adalah adakah sebuah sistem yang dapat mengakomodasi perkembangan informasi yang sangat cepat ini dan yang dapat memberikan keuntungan kepada pihak yang menggunakannya? Jawabannya tentu saja ada, yaitu dengan menerapkan Content Management System (CMS)

LATAR BELAKANG

¨CMS, pertama kali muncul sebagai solusi dari kebutuhan manusia akan penyediaan informasi yang sangat cepat. Dengan hanya mengandalkan bahasa pemograman HTML dan beberapa gambar serta informasi yang statis, sebuah perusahaan berusaha sebaik mungkin menampilkan informasi secukupnya kepada para pengunjung.

   sebuah metode atau sistem yang dapat meningkatkan tingkat produktivitas dan efisiensi dalam pengembangan website sangatlah dibutuhkan. Dan salah satu solusi yang tepat untuk ini adalah dengan menerapkan Content Mangement System atau CMS.

PENGERTIAN CMS

CMS dapat diartikan sebagai berikut: Sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para penggunanya dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis
¨CMS memisahkan antara isi dan desain, konsistensi tampilan dapat senantiasa dijaga dengan baik. Setiap bagian dari website dapat memiliki isi dan tampilan yang berbeda-beda, tanpa harus khawatir kehilangan identitas dari website secara keseluruhan.

   Oleh karena semua data disimpan dalam satu tempat, pemanfaatan kembali dari informasi yang ada untuk berbagai keperluan dapat dengan mudah dilakukan.

¨CMS juga memberikanfleksibilitas dalam mengatur alur kerja atau ‘workflow’ dan hak akses, sehingga memperbesar kesempatan berpartisipasi dari pengguna dalam pengembangan website. Hal ini akan sangat menguntungkan bila website yang dikelola memiliki kompleksitas yang tinggi dan mengalami kemajuan yang cukup pesat.

MANFAAT CMS

Manajemen data
CMS juga mendukung berbagai macam format data, seperti XML, HMTL, PDF, dll., indexing, fungsi pencarian, dan kontrol terhadap revisi yang dilakukan terhadap data/informasi.
Menggunakan CMS biasanya pengetahuan tentang bahasa pemograman tidaklah terlalu dibutuhkan, karena semua proses berjalan dengan otomatis (WYSIWYG)
Proses ‘update’, dapat dilakukan dengan cepat sehingga menjamin kemutakhiran informasi yang ditampilkan
Mengatur siklus hidup website
Mendukung web templating dan standarisasi
Personalisasi website
Sindikasi
Akuntabilitas

ISTILAH-ISTILAH TERKAIT DENGAN REKAYASA WEB

--> Web engineering (rekayasa web) adalah suatu proses yang digunakan untuk menciptakan suatu sistem aplikasi berbasis web dengan menggunakan ilmu rekayasa, prinsip-prinsip manajemen dan pendekatan sistematis sehingga dapat diperoleh sistem dan aplikasi web dengan kualitas tinggi. Tujuannya untuk mengendalikan pengembangan, minimalisasi resiko dan meningkatkan kualitas sistem berbasis web. (sumber : http://stmik.darunnajah.ac.id/elearning/index.php?option=com_content&view=article&id=80:web-engineering)

--> Hypermedia Engineering adalah langkah kerja dari pendekatan yang sistematis dan disiplin, diukur untuk pengembangan, pengoperasian, dan pemeliharaan aplikasi hypermedia.Saat ini, praktek pembangunan hypermedia sebagian besar difokuskan pada penggunaan alat khusus dalam menciptakan dan menghubungkan halaman informasi yang membentuk sebuah aplikasi hypermedia. (sumber : http://users.ecs.soton.ac.uk/tmb/cws/html/hypeng-hypeng.html)

--> Document Engineering adalah sintesis dokumen-sentris ide pelengkap dari informasi dan analisis sistem, penerbitan elektronik, analisis proses bisnis, dan informatika bisnis untuk memastikan bahwa dokumen dan proses masuk akal untuk user dan aplikasi yang membutuhkannya. (sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Document_engineering)

--> Content Engineering adalah istilah yang digunakan untuk suatu rekayasa khusus berurusan dengan isu-isu seputar penggunaan konten di komputer yang difasilitasi lingkungan.(sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Content_Engineering)

--> Internet Software Engineering adalah istilah yang berkaitan dengan pengembangan perangkat lunak yang berhubungan dengan teknologi internet.

Labels: website

Thanks for reading KONSEP REKAYASA WEB DAN ISTILAH-ISTILAH TERKAIT DENGAN REKAYASA WEB. Please share...!

0 Comment for "KONSEP REKAYASA WEB DAN ISTILAH-ISTILAH TERKAIT DENGAN REKAYASA WEB"

Back To Top