75n1.com

close
close

Follow by Email

Cara Menghasilkan Uang Dengan Membuat Aplikasi Android

Tutorial Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri – Seperti yang kita ketahui jika smartphone Android sudah dilengkapi dengan begitu banyak berbagai aplikasi didalamnya, dengan memanfaatkan toko aplikasi resmi dari Android (Play Store) kita dapat langsung dengan mudah untuk mendownload aplikasi tersebut. Aplikasi yang ada pada Android juga memiliki dua versi yakni ada yang free (gratis) ada juga yang prabayar.

Perlu anda ketahui juga, ternyata kita dapat membuat sendiri aplikasi di HP Android. Bahkan banyak sekali cara untuk membuat kita menjadi seorang mobile development, akan tetapi pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips kepada anda terkait dengan pembuatan aplikasi Android tersebut. Anda dapat memanfaatkan Android Studio untuk membuat aplikasi Android sendiri, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.



Cara Membuat Aplikasi Web Atau Blog Android Tanpa Code Program


Catatan :
Teman harus paham terlebih dahulu masalah dasar pemograman (minimal program java)


Instalasi

Langkah awal pastikan anda download / unduh software Android Studio, adapun fungsi dari software yang satu ini yakni untuk dapat memudahkan pengguna dalam membuat aplikasi Android sendiri dengan menggunakan komputer / laptop.

Download —>> https://developer.android.com/sdk/index.html

Membuat project baru

Setelah anda download software Android Studio, maka buka aplikasi tersebut –>> pilih menu “Quick Start” –>> pilih “Start a new Android Studio project”.
Maka akan keluar tab form –>> isi dengan nama aplikasi yang akan dibuat “Application name” –>> isi juga nama (domain) perusahaan anda “Company Domain” –>> lalu Anda dapat mengisi / atau mengosongkan “lokasi project” –>> kemudian pilih / klik “Next”
Setelah itu, Centang “Phone and Tablet” –>> pilih Minimum SDK (sesuaikan dengan HP Android anda) hal ini bertujuan supaya aplikasi tersebut sudah bisa kita cobapada smartphone Android yang digunakan –>> selanjutnya Klik / pilih “Next”
Lalu kita Klik / pilih “Blank Activity”, catatan : biarkan form secara default
Yang terakhir Klik / pilih “Finish” untuk menyelesaikan pembuatan project
 

Melakukan editing “Welcome Message”

Langkah awal anda harus masuk bagian activity_main.xml (anda juga harus pastikan jika Design tab dibuka dengan tampilan activity_main.xml)
Kemudian pilih serta drag kalimat “Hello, world!” pada bagian tengah layar
Selanjutnya di menu “project file system”–>> pilih values folder
Setelah itu, klik dua kali “strings.xml”
Cari kata “Hello, world!” pada file tersebut –>> anda juga dapat menambahkan / mengganti kata apa saja pada kata “world” , misal (“Halo, selamat datang di aplikasi Kami”)
Lalu kita Kembali ke tab activity_main.xml.
Cek lagi kata yang kita buat berada di bagian tengah layar

Menambah tombol


Langkah pertama kita buka Design tab yang terletak di –>> activity_main.xml.
Selanjutnya pada menu Paletter –>> pilih / klik opsi “Button”
Kemudian Klik serta drag tombol tersebut di bawah tulisan kita buat pada bagian tengah layar
Namun pastikan terlebih dahulu jika tombol tersebut masih terseleksi –>> pilih / klik menu Properties –>> pilih / klik “text”
Gantik kata “New Button” dengan kata yang menurut anda cocok, contohnya “Lanjutkan”, “Mulai bermain”, dan sebgainya

Membuat second activity

Langkah awal anda Klik kanan di menu “App”
Selanjutnya Klik New –> pilih Activity –> pilih Blank Activity
Kemudian kita Ganti activity dengan nama sesuka kita, misal “SecondActivity”.
Setelah itu, pilih / klik “Finish”.
Lalu anda juga harus pastikan jika anda tercantum di Design tab ( activity_second.xml)
Selanjutnya kita Klik serta drag text box (ditengah layar)
Cari “id text box” pada file
Kita buka strings.xml
Anda juga harus membuat line baru, misal (Misal, “Selamat datang di halaman kedua”) dibawah kata yang telah dibuat
Kemudian kita kembali ke acitivity_second.xml –>> klik / pilih text box
Dibagian panel Properties –>>pilih / klik “text”–>>arahkan ke “@string/second_page”.

Percobaan

Unutuk memulai percobaan aplikasi maka anda pilih / klik tombol ikon play
Kemudian Pilih device –>> ceklis “launch emulator”
Selanjutnya anda Klik / pilih “OK”


Di dalam dunia kompetisi antara smartphone iPhone, Android dan BlackBerry, pembuat aplikasi punya potensi yang besar untuk menjadi orang kaya dalam waktu yang sedikit. Android adalah sebuah kumpulan software yang dikembangkan oleh perusahaan Google untuk perangkat mobile yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi kunci. Cukup mudah menghasilkan uang dengan cara mengembangkan aplikasi berbasis Android JAVA dengan mengikuti teknik dan bimbingan di artikel ini.

Yang diperlukan:

  • Komputer dengan sistem operasi Windows XP / Vista / 7 / Linux / MAC
  • RAM minimal 1 GB
  • Ruang kosong 2 GB pada harddisk
  • Android SDK
  • Android Plugin untuk Eclipse IDE
  • Android Simulator
  • Pengetahuan dasar tentang bahasa pemrograman JAVA

Caranya :

SETTING ANDROID SDK
Kunjungi website development tools Android pada link resource di bawah artikel ini. Saya asumsikan Anda menggunakan sistem operasi Windows, download Android SDK untuk sistem operasi Windows. Ekstrak .zip yang selesai didownload dan simpan di lokasi yang diinginkan. Tambahkan lokasi tempat mengekstrak .zip tadi ke dalam variabel PATH dengan cara klik kanan pada My Computer, pilih Properties, pilih Environment Variables di bawah Advanced settings. Tambahkan lokasi path pada variabel PATH dengan mengeditnya. Berikan tanda titik koma di akhir, lalu paste atau ketikkan path dimana lokasi .zip yang sudah diekstrak tadi. Instal SDK dengan menjalankan SDK Setup.exe dari direktori root pada SDK tool.

SETTING ECLIPSE PLUG-IN

Android menawarkan plugin khusus untuk Eclipse IDE, namanya Android Development Tools (ADT). Eclipse IDE ini menyediakan sebuah keuntungan yang bagus juga jika Anda mengembangkan aplikasi untuk smartphone BlackBerry. Dengan cara ini Anda bisa mengembangkan aplikasi secara paralel untuk kedua platform, yaitu BlackBerry dan Android.

Instal Eclipse IDE 3.4 (Ganymede) dari situs resmi Eclipse. Buka Eclipse IDE dan pada software updates, ketikkan URL https://dl-ssl.google.com/android/eclipse dan instal update-annya. Ubah setingan Eclipse untuk menunjuk ke direktori Android SDK.

PROGRAMMING FUNDAMENTALS

Aplikasi Android dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman JAVA. Ada banyak API yang secara khusus ditulis untuk Android yang bisa dipakai untuk mempersiapkan aplikasi khusus dijalankan pada perangkat tertentu pada platform Android. Setelah aplikasi berhasil dikompilasi, akan menghasilkan sebuah file dengan ekstensi .apk. 1 file .apk tersebut adalah 1 aplikasi Android yang komplit.

TES APLIKASI

Setelah Android Plugin di Eclipse sudah berhasil diinstal, restart Eclipse dan mulai mengembangkan sebuah proyek tes aplikasi.

Pilih File > New Project > Android Project
Masukkan nama proyek. Pilih Build Target 1.4, 1.5, 1.6 atau lainnya dan masukkan nama aplikasi, nama paket dan versi minimal SDK
Klik Finish

Salin kode sumber untuk proyek Hello World pada link resource di bawah artikel ini. Bangun proyeknya dan jalankan pada Emulator.

MENDAFTARKAN APLIKASI

Penting untuk mendaftarkan (sign) aplikasi sebelum dipublikasikan untuk alasan keamanan dan integritas. Jika Anda menggunakan Eclipse dan jika ADT mempunyai akses ke Keytool maka tidak perlu melakukan hal ini. Karena aplikasi akan didaftarkan ketika ia sudah berhasil dikompilasi dan di-debug. Untuk mendaftarkan aplikasi untuk alasan rilis publik, dapatkan signature untuk rilis publik dan kompilasi aplikasi pada mode Release dengan mengikuti prosedur yang sudah diuraikan di situs Android Developers.

MEMPUBLIKASIKAN APLIKASI

Ini penting untuk mengetes aplikasi Anda sebelum dirilis pada perangkat sebenarnya bukan hanya emulator. Anda harus punya atau pinjam atau beli perangkat Android seperti Samsung Galaxy Y atau smartphone Android lainnya. Tambahkan End User License Agreement dan publikasikan di Android Market atau Google Play.

MENGHASILKAN UANG DARI APLIKASI


Alasan yang sangat penting untuk pemgembangan aplikasi adalah menghasilkan uang. Untuk dapat mempublikasikan aplikasi Android buatan Anda di Android Market atau Google Play, Anda perlu membayar biaya $25 hanya sekali selamanya. Setelah aplikasi dipublikasikan di Android Market dan semua orang di seluruh dunia mulai men-download aplikasi dengan harga yang sudah Anda tentukan, Anda akan menerima 70% dari penghasilan sementara Google mendapatkan 30% darinya. Misalnya sebuah aplikasi dihargai $1 dan sudah di-download sebanyak 1000 orang, Anda akan mendapatkan 70% dari total tersebut, tepatnya $700. Jika Anda mengembangkan sebuah aplikasi yang sangat baik kualitasnya, Anda bisa mendapatkan hadiah uang sebesar $150.000 atau $100.000 atau $ 50.000 atau $25.000 berdasarkan rating keseluruhan yang diberikan user/pengguna melalui Android ADC2 Challenge.

Tips & Peringatan

Sebuah ide sangat penting sebelum memulai untuk mengembangkan sebuah aplikasi.

Tulis semua ide Anda di suatu tempat yang aman dan mulai kembangkan aplikasi berdasarkan ide-ide tersebut.

Eclipse sebuah tool yang bagus untuk mengembangkan aplikasi Android. Anda juga bisa menggunakan tool pihak ketiga jika tidak ingin menggunakan bahasa JAVA, seperti tool PhoneGap.

Selalu tes kode Anda sebelum dipublikasi atau aplikasi Anda tidak akan dipublikasikan di Android Market.

Resource:


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, mohon maaf jika dalam penyampaian ada kesalahan ataupun kurang lengkap. Terima kasih dan semoga bermanfaat Untuk Anda/semua.


Labels: ANDROID

Thanks for reading Cara Menghasilkan Uang Dengan Membuat Aplikasi Android. Please share...!

0 Comment for "Cara Menghasilkan Uang Dengan Membuat Aplikasi Android"

Back To Top