75n1.com

close
close

Follow by Email

Kebutuhan Atau Pacar Programmer


Kebutuhan akan sebuah text editor untuk seorang programmer adalah sebuah harga mati. Text editor haruslah mumpuni untuk menangani support bahasa pemrograman tertentu. Dan untuk saat ini bukanlah hal yang sangat sulit untuk memilih text editor. Berbagai macam aplikasi telah bermunculan, mulai dari yang gratis hingga yang harus lewat kocek.

Jika diibaratkan seorang pacar, maka pacar nomor 1 seorang programmer bukanlah seorang wanita yang berparas cantik dan anggun, tetapi sebuah teknologi text editor yang memiliki kemampuan mumpun untuk pekerjaan mereka. XD

Beberapa waktu lalu, saya mulai beralih menggunakan text editor untuk HTML dan PHP karena permasalahan yang sering terjadi pada aplikasi yang lama. Sekarang saya lebih sering menggunakan Notepad ++ ketimbang Bluefish, yang keduanya menurut saya merupakan aplikasi mumpuni untuk bahasa pemrograman berbasis web.

                                             

Karena Bluefish (Ikan Biru Penjelajah Web) menggunakan engine Python untuk menjalankan mesin aplikasinya, hal ini terkadang menimbulkan masalah kestabilan pada aplikasi tersebut. Pada operating system berbasis Windows, Bluefish terkadang sering mengalami hang, dan force closed. Buruknya lagi jika pengguna tidak melakukan saving pada kerjaan, tamatlah kita.

                                             

Sembari itu, saya pun putar otak mencari alternatif lain yang sama enteng dengan Bluefish. Dan saya menemukan Notepad ++ (Si Bunglon Multifungsi). Berikut adalah beberapa kelebihan yang saya temukan Si Bunglon ++ ini :

  • Ringan dan cepat dibuka
  • Fitur yang melimpah
  • Dukungan bahasa pemrograman sangat banyak
  • Tersedia Plugin untuk menambah kemampuan Notepad++
  • Dan masih banyak lagi jika Anda mau mengeksplorasi Plugin komunitas Notepad++

Dalam beberapa kasus, saya terkadang masih menggunakan Bluefish. Terutama jika terjadi permasalahan encoding bahasa pemrograman yang mengharuskan basis Linux. Karena Bluefish sendiri memang berasal dari Linux.

Jangan Banyak-banyak Punya Pacar !

                                             

Meski aplikasi selain dua text editor di atas cukup banyak. Tapi kembali lagi kepada diri masing-masing yang lebih disukai. Karena text editor layaknya seorang pacar, semakin kita memakainya semakin terasa pula akan impact-nya pada kita tentunya #wkwkk. Saran saya, jangan terlalu banyak menggunakan text editor. Cukuplah 2 atau 3 untuk keperluan yang menunjang Anda.

Berikut adalah beberapa pacar untuk Anda seorang programmer yang mungkin bisa dipakai secara gratis dan memiliki kemampuan mumpuni untuk bahasa pemrograman tertentu :

  • Notepad ++ (All Programming Language)
  • Bluefish Text Editor (Recommended for Web Programmer)
  • Brackets Sprint (Web Programmer)
  • Netbeans (Java) – High Resources for CPU
  • Eclipse (Java, Android) – High Resources for CPU


Its free ! Jangan sampai anda menggunakan aplikasi bajakan untuk sebuah text editor, karena itu demi kredibilitas Anda ! Masak mau pacaran sama bajakan ? 



                                             

Labels: Pemograman

Thanks for reading Kebutuhan Atau Pacar Programmer . Please share...!

0 Comment for "Kebutuhan Atau Pacar Programmer "

Back To Top