75n1.com

close
close

Follow by Email

Cara Cara Memulihkan situs yang telah di Deface


Kali ini saya akan membagikan Tips untuk Cara Memulihkan situs yang telah di Retas/Deface

Setelah sebelumnya kita mebahas penyebab Penyebab Web Di Retas dan Cara Agar Web Tidak Mudah Di Retas kali in kita membahas Cara Memulihkan situs yang telah di Retas/Deface. Pasti kalian semua takut situs web kalian di retas oleh seseorang.
Untuk meretas sebuah situs mempunyai Nama khusus yaitu DEFACE.
contoh: tapi saya tidak tebas index.php nya cuman saya tambahin dikit.


http://www.emjayltd.com/ustazah.php
Deface adalah kegiatan memasuki sebuah situs dan merubah tampilannya dengan cara Bypass (memaksa masuk) , Memanfaatkan Bug (celah keamanan) dll.

Deface sendiri ada manfaatnya untuk si pemilik situs, para Defacer bisa dibilang sebagai Tester keamanan situs yang tujuannya mencari sebuah bug, bahkan ada Defacer baik yang bersedia menutup bug. Deface bukanlah tidak kejahatan.

Cara Memulihkan situs yang telah di Retas/Deface
#Oprek/Perbaiki File Managernya
Pasti para Defacer meninggalkan bekas di File Managernya, entah itu error,rusak dan sebagainya
Untuk kalian yang webnya telah di retas jangan putus asa, karena bisa di perbaiki lagi, Tinjau kembali File Managernya pastikan tidak ada bekas Script Deface ataupu Shell Backdoor sisa dari para Defacer.

#Tutup Bug pada Web
Nah kemungkinan paling besar kenapa web di Retas/Deface adalah Bug, Bug itulah yang harus kalian tutup atau hapus, Contoh bug adalah halaman login admin yang mudah di ketahui, atau tempat upload yang bisa digunakan untuk menanam Shell Backdoor, dari beberapa kelemahan itulah web anda mudah di retas.

#Ganti/Hapus Halaman yang terkena Deface
Halaman yang paling sering terkena Deface adalah Halaman Utama dan Index. banyak para Defacer nakal yang selalu menebas Index, saya sendiri juga belum terlalu paham mengenai Index pada web. Misalnya web anda terkena deface di halaman utama contoh : www.site.my anda tinggal pindahkan halaman utamanya menjadi www.site.my/home/

#Memperbaiki SQL yang Error
Dalam beberapa teknik Deface mengandalkan Celah yang satu ini, SQL Inject, untuk penjelasan SQL silahkan cari di mbah gugel, SQL Inject sendiri arti nya Menyuntik Database, menyuntik di sini bukan berarti Di Tusuk dengan jarum :v .

Mmenyuntik di sini bisa di artikan dengan Membongkar Database. SQL sendiri isinya sangat penting data data tentang web bisa semuanya tersimpan di SQL seperti Username dan Password.

Sekian dulu Artikel kali ini, aye mau masak dan mau ke kantor ;)
Semoga bermanfaat bagi para Family T.i Sniper Alert :3
yang keberatan dan tidak senang sama tulisan ini jumpai saya :)



Labels: Pheaking

Thanks for reading Cara Cara Memulihkan situs yang telah di Deface. Please share...!

0 Comment for "Cara Cara Memulihkan situs yang telah di Deface"

Back To Top