Arti Penting SEO Dalam Membangun Sebuah Website Atau Blog


   Arti Penting SEO Dalam Membangun Sebuah Website Atau Blog-Pengertian dan cara Optimasi SEO Untuk Membangun Sebuah Blog atau Website sebenarnya sudah banyak dikalangan Dunia Blogging yang telah Menyediakan berbagai Tutorial SEO, Tips SEO serta Cara-cara melakukan Optimasi. Manjadi rangking Pertama Di SERP Google Bukanlah hal yang sulit jika kita mengetahui Bagaimana Letak Kelemahan dalam dunia Blogging tersebut. Dan bagaimana cara mencari celah agar blog kita mampu bersaing di Search Engine. Dalam Dunia Blogging menjadi yang pertama adalah harapan semua Orang. Tidak mungkin kita membangun sebuah Website atau Blog hanya menjadikannya tempat berbagi Informasi. Lantas siapa yang akan membaca Artikel atau konten anda jika Blog anda tidak mempu bersaing di SERP Google.

   Banyak cara yang digunakan oleh blogger-blogger terkait dengan SEO, SEO menjadi sebuah misteri dalam dunia Blogging dan Internet, dimana SEO belum terlalu jelas maksudnya, menjadikan blog lebih SEO itu sebenarnya mudah, jika kita tahu mana yang baik untuk blog kita, maka disitulah letak Kelebihannya. Search Engine Optimation, orang bilang merupakan kendala tersendiri dalam membangun website baru maupun website lama.

   Dalam artikel ini saya akan mencoba mengupas secara detail mengenai SEO yang bisa saya pahami dari berbagai sumber untuk diterapkan diblog anda dan blog kalian semua, bagi yang ingin tahu apa arti SEO, kenapa begitu penting untuk sebuah website. Saya jelaskan, sebenarnya SEO itu adalah sekedar Penerapan atau pengaturan didalam Blog atau website kita, sebagaimana kita mengelola blog kita sebaik mungkin, Google memberikan kata SEO bermaksud agar kita mencari celah apa sebenarnya misteri dibalik SEO ini, namun saya menangkap dan memahami dari arti Seo itu sendiri dan saya kelompokkan menjadi 3 sumber utama SEO dalam membangun sebuah Blog. Yaitu :
  • Konten Artikel dan Keyword Yang Digunakan
  • Backlink ( Tautan Situs yang timbal balik ke situs kita)
  • Desain Blog serta Yang SEO Friendly.
   Elemen penting itulah yang sebenarnya bisa kita sebut dengan SEO, bagaimana agar ketiga elemen penting tersebut semua diterapkan di Blog kita ? Sedikit demi sedikit, melakukan optimasi SEO tidak harus secara langsung dengan menggunakan cara-cara yang tidak baik. misal menggunakan aplikasi Aautovisitor, Auto backlink, dan lain-lain. semuanya perlu waktu, dan yang paling penting organik SEO Serp Google

1.Konten Artikel Dan Keyword Yang Digunakan


   Membuat Konten artikel bukan asal membuatnya, alangkah lebih baiknya jika anda membuat konten artikel yang sesuai dengan target permintaan orang, membua artikel yang berkualitas dan mengenai prospek orang lain akan lebih bermanfaat dari pada membuat artikel hanya mengandalkan opini saja. Artikel yang kita buat hendaknya menjadi bahan diskusi bagi orang lain, menarik perhatian, menjadi daya dorong, serta menjadikan solusi dari permasalahan orang lain yang membutuhkan.

    Membuat konten artikel jika anda tidak terlalu menguasi memang menjadi kendala yang besar, dimana anda selalu gagal dalam membuat konten artikel dikarenakan anda selalu terpaku dengan pemikiran anda, anda bisa mencari referensi-referensi dari sumber-sumber website yang terpercaya dengan kebergunaan artikelnya serta sumber yang pasti.

   Jangan sekali-kali melakukan tindakan plagiatisme untuk sesama blogger,saling menghargai satu sama lain dari jerih payah orang lain, membuat anda juga akan dihargai oleh blogger lain, buatlah konten artikel anda dengan pemikiran anda sendiri. Ingat google lebih menyukai konten artikel yang menarik, Unik serta bermanfaat.

   Untuk melakukan reset keyword, anda bisa menggunakan pencarian dari browser anda menggunakan keyword dengan tingkat persaingan yang tinggi, jika blog anda masih baru atau baru selesai dibangun, gunakanlah keyword dengan Long Tail keyword, persaingan antara blog lama dan blog baru tidak lah seimbang, blog yang sudah lama dikenal oleh google setidaknya lebih unggul dari blog yang baru, walaupun jumlah artikel dalam jumlah yang banyak. Perlu waktu untuk itu semua.

Baca Juga : Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog

    Gunakan Yahoo answer untuk mencari bahan pembuatan konten artikel yang dibutuhkan oleh orang lain, bergabung dengan Forum-forum serta Grup-grup blogger yang berada di Facebook, google +, dan lain sebagainya untuk mencari referensi yang bisa anda gunakan untuk membuat sebuah konten artikel yang lebih relefan dan Tetarget nantinya. Agar artikel anda tidak sia-sia, anda bisa menshare artikel anda ke berbagai akun sosial media anda, bukan hanya sebagai media Promosi, namun juga meningkatkan Index dan posisis di Serp Google.

2.Backlink "Tautan Situs " Lebih Dikenal Link Balik

   Backlink, berbicara tentang backlink tidak luput dengan adanya Blogwalking, dimana backlink dihasilkan dari penanaman Link di Situs orang lain atau juga bisa mempromosikan Link Di Situs dan Grup-grup Sosial media lainnya. Mencari Backlink bukanlah hal yang sulit, berkunjung di Blog teman dan meminta ijin untuk memasang Link, namun jika anda blogger sejati, gunakanlah link mati agar tidak merugikan Blog orang lain juga.

   ada bermacam-macam teknik untuk membangun sebuah backlink yang benar-benar berkualitas bagus di mata Google dan Serp, menurut saya ada beberapa jenis backlink yang bisa menngkatkan kualitas SEO website anda di Google. ini dia ulasannya :

A.Link Dari Sosial Media
   Link dari sosial media juga mempunyai peran besar dalam meningkatkan kualitas blog anda, dengan semakin banyak yang berkunjung keblog anda melalui link sosial media, maka semakin bagus peringkat blog anda diserp Google, selain itu keuntungan yang didapat dari link sosial media yaitu adanya berbagi Tautan, dimana anda tidak erlu membagikan tautan anda lagi jika sudah ada yang membagikannya ulang, nah untuk mendapatkan hal seperti itu, semunya kembali ke konten artikel yang anda buat.

B.Link Dari Sosial Bookmark

    Share artikel anda ke Sosial Bookmark seperti Link.com, Dingo.com, dan lain-lainnya, silahkan anda cari sendiri di Google sosial bookmark yang terpercaya dan tidak membahayakan situs anda. Gunakan anti virus untuk website anda agar aman dari malwere atau virus lainnya. Dengan memasang link atau artikel di sosial bookmark anda tidak perlu repot-repot mengejar-ngejar backlink. karena artikel anda akan dibaca oleh semua orang yang berkunjung ke situs dimana anda membagikan artikel anda.

C.Link Dari Forum Signature


   Selain itu anda bisa share artikel anda ke forum-forum signature seperti Bersosial.com, Forum.detik.com, Forum Kompas.com, Pengusaha.co.ic. dan masih banyak lainnya, kelebihan jika anda share artikel anda ke forum-forum signature yaitu mendapatkan link balik dari situs yang sudah berpagarank tinggi dan sudah bagus trafiknya. Namun jika anda bergabung jangan melakukan spammer, karena peraturan dari setiap forum memiliki tingkat keketatannya sendiri.

D.Link Dari Web Propertis

   Beberapa web yang sering sekali digunakan yaitu Blogger.com, Wordpress.com, Tumblr.com, dan lain sebagainya, sebagian besar dari web-web tersebut adaah Dofollow atau bisa diikuti. Nah untuk para Blogger yang berplatform blogspot mungkin bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mencari situs-situs yang sudah ditinggalkan pemiliknya dengan mendaftarkan kembali situs tersebut, biasa dalam kalangan blogger disebut dengan blog Zombie.

3.Desain Blog Atau Website Seo Friendly

   Nah untuk yang ketika adalah desain blog atau website yang kita bangun sudah seo friendly atau belum, jika belum bagaimana caranya agar lebih SEO lagi dan bagus diurutan serp Google, untuk ulasannya bisa lihat dibawah ini : Yang pasti intinya dari SEO friendly ini Blog mudah dijelajahi oleh semua orang dan bagus urutan rankingnya, Paling tidak diurutan ke 10 Page one Google jika tidak bisa ada diurutan pertama. lumayan kan bisa pge one, tidak harus rangking satu, tapi kebutuhan masing-masing blogger juga berbeda-beda.

a. penempatan Keyword

   Seperti yang sudah saya katakan bahwa penempatan keyword sangat diperhitungkan untuk menentukan apakah artikel mampu bersaing di serp google atau tidak, jika blog anda blog baru gunakan long tail keyword dengan 3 kata kunci turunan dan 1 kata kunci pokok atau utamanya, untuk susunannya seperti ini :
  • Title Tag dengan Menggunakan Keyword Yang Tertarget.
  • Gunakan Meta deskripsi
  • Gunakan ALT + TITLE Image.
  • Gunakan Keyword pada H2, H1, DAN H3
  • Jangan mengulang keyword yang sama hingga 2 kali.
  • Internal link yang cukup efektif
  • Sistem Navigasi.

b.Kecepatan Loading Blog

   Yang paling sering tidak diperhatikan oleh para Bloogger yaitu kecepatn Loading Halaman yang tidak diperhitungkan, padahal laoding Blog yang berat akan memberikan respon yang kecil untuk dibaca para pengunjung Blog, sehingga pengujung akan cepat-cepat kabur dari blog kita + jangan terlalu banyak memasang widget yang berat-berat, gunakan sewajarnnya saja, pilihlah template-template yang SEO dan sudah ada di Intenet.

c.Menambahkan Outbound Link

   Menambahakan Outboud link merupakan alternatif menambah ke SEO an suatu Blog juga, dimana dengan menambahkan outbound link yang relevan disitus yang saling berkaitan akan membrikan sinyal kepada google bahwa topik yang anda buat saling berkaitan satu dengan yang lainnya.Gunakan outbound link jika artikel yang anda buat ada yang berkaitan dengan artikel lainnya.

d.Meningkatkan Interaksi User

   Meningkatkan interaksi User dengan menambahkan beberapa konten pelengkap dalam artikel anda seperti Gambar, Video dan lainnya, bisa meningkatkamn interaksi user dengan wesbiste anda, sehingga bountrate anda semakin kecil, dengan begitu Google akan merekan seberapa lama pengunjung mengunjungi blog anda, sehingga posisi blog anda juga akan semakin bagus di Serp Google.

   Nah itulah sedikit ulasan mengenai SEO sebagai Elemen utama dalam Membangun sebuah blog atau Website baru maupun dalam mengembangkan website dan blog lama anda, silahkan simak artikel yang telah saya buat ini, semoga saja artikel ini bisa memberikan manfaat serta referensi tersendiri bagi anda yang bergelut didunia Blogging, arti SEO sesungguhnya yaitu, "sampai mana batas anda dalam menggeluti Dunia Blogging ".artikan sendiri kata-kata saya itu. hehe. Terimakasih.

Comments
0 Comments

0 komentar

Follow by Email

close
close