MEMBUAT DESAIN KOMPONEN PCB MENGGUNAKAN PROTEUS 8 DESIGN SUITE

       Proteus adalah sebuah software untuk mendesain PCB yang juga dilengkapi dengan simulasi pspice pada level skematik sebelum rangkaian skematik diupgrade ke PCB shingga sebelum PCBnya di cetak  kita  akan tahu apakah PCB yang akan kita cetak sudah benar atau tidak. Proteus mengkombinasikan program ISIS untuk membuat skematik desain rangkaian dengan program ARES untuk membuat layout PCB dari skematik yang kita buat. Software ini  bagus digunakan untuk desain rangkaian mikrokontroller. Proteus juga bagus untuk belajar elektronika seperti dasar2 elektronika sampai pada aplikasi mikrokontroller. Software ini jika di install menyediakan banyak contoh aplikasi desain yang disertakan sehingga kita bisa belajar dari contoh2 yang sudah ada. 


Pengenalan PROTEUS.   Fitur-fitur dari PROTEUS adalah sebagai berikut :

    Memiliki kemampuan untuk mensimulasikan hasil rancangan baik digital maupun analog maupun gabungan keduanya,Mendukung simulasi yang menarik dan simulasi secara grafis, Mendukung simulasi berbagai jenis microcontroller seperti PIC, 8051 series. Memiliki model-model peripheral yang interactive seperti LED, tampilan LCD, RS232, dan berbagai jenis library lainnya, Mendukung instrument-instrument virtual seperti voltmeter, ammeter, oscciloscope, logic analyser, dll, Memiliki kemampuan menampilkan berbagi jenis analisis secara grafis seperti transient, frekuensi, noise, distorsi, AC dan DC, dll. Mendukung berbagai jenis komponen-komponen analog, Mendukung open architecture sehingga kita bisa memasukkan program seperti C++ untuk keperluan simulasi, Mendukung pembuatan PCB yang di-update secara langsung dari program ISIS ke program pembuat PCB-ARES.


Pengenalan ISIS. ISIS dipergunakan untuk keperluan pendidikan dan perancangan. Beberapa fitur umum dari ISIS adalah sebagai berikut :


      Windows dapat dioperasikan pada Windows 98/Me/2k/XP dan Windows terbaru. Routing secara otomatis dan memiliki fasilitas penempatan dan penghapusan dot. Sangat powerful untuk pemilihan komponen dan pemberian properties-nya. Mendukung untuk perancangan berbagai jenis bus dan komponen-komponen pin, port modul dan jalur. Memiliki fasilitas report terhadap kesalahan-kesalahan perancangan dan simulasi elektrik. Mendukung fasilitas interkoneksi dengan program pembuat PCB-ARES. Memiliki fasilitas untuk menambahkan package dari komponen yang belum didukung.


Pengenalan ARES. ARES (Advanced Routing and Editing Software) digunakan untuk membuat modul layout PCB. Adapun fitur-fitur dari ARES adalah sebagai berikut :

     Memiliki database dengan tingkat keakuratan 32-bit dan memberikan resolusi sampai 10 nm, resolusi angular 0,1 derajat dan ukuran maksimim board sampai kurang lebih 10 m. ARES mendukung sampai 16 layer. Terintegrasi dengan program pembuat skematik ISIS, dengan kemampuan untuk menentukan informasi routing pada skematik. Visualisasi board 3-Dimensi. Penggambaran 2-Dimensi dengan simbol library.
Cara menjalankan Proteus :

1.Pastikan anda sudah menginstal aplikasi proteus design suite 8.0. Kalau belum ada, bisa di download disini 


  
2.Buat lembar kerja baru dengan cara File-->New.Ikuti langkah dibawah ini


 
3. Kalau sudah, akan muncul jendela kerja seperti dibawah ini. Kemudian tambahkan komponen dengan cara pilih menu LIBRARY klik PICK PART FROM LIBRARIES 

Muncul tampilan seperti dibawah ini.Pilih komponen yang diinginkan,Misal IC 555,lalu klik ok

 


4. Kembali ke jendela kerja. Klik kanan pada lembar kerja,pilih PLACE-->COMPONENT-->NAMA KOMPONEN. Lalu tempatkan komponen di posisi yang di inginkan.



Ini contoh pembuatan komponen AMPLIFIER TDA2030 15 WATT. Jika sudah jadi, RUN/jalankan rangkaian untuk melihat adakah errors atau tidak. Jika tidak ada komponen akan berjalan, namun jika salah akan ada peringatan. 



5. Selanjutnya Pembuatan layout PCBnya. Pilih Icon PCB/kotak warna merah di sebelah kotak schematic/ISIS. Kemudian akan muncul tampilan dibawah ini. Kemudian ikuti gambar dibawah ini.



Karena Kabel masih berantakan , rapikan kabel dengan cara seperti dibawah ini







Nah,ini langkah terakhir yaitu membuat tampilan 3D dari rangkaian PCB. Dengan cara mengeklik icon 3D yang letaknya  disamping kotak icon PCB. Dan tampilannya akan seperti ini 


SELESAI :) 




Comments
0 Comments

0 komentar

Follow by Email

close
close