75n1.com

close
close

Follow by Email

Menjalankan Program Dengan Super Cepat Melalui Command Prompt


Menjalankan program melalui CMD

Menjalankan Program Dengan Super Cepat Melalui Command Prompt

Apakah anda mengenal dengan yang namanya Command Prompt? Mungkin anda mengenalnya. Command Prompt biasanya orang menganggap adalah jendela yang berisi warna hitam dengan beberapa teks didalamnya. Jika anda membukanya secara tidak sengaja, mungkin saja anda langsung menutupnya. Di artikel ini, kami akan membahas bagaimana menjalankan program dengan super cepat melalui Command Prompt.
Sebelum kita mulai tips-tipsnya, kami akan jelaskan terlebih dahulu tentang Command Prompt. Command Prompt sebenarnya adalah sebuah aplikasi tambahan yang difungsikan untuk melakukan beberapa hal dengan perintah teks. Orang yang tiap hari memakai Windows, pasti lebih memilih mengerjakan sesuatu dengan GUI saja. Di artikel ini, anda akan mempelajari cara menggunakan Command Prompt yang benar dan mempercepat hal rutin anda. Mari kita mulai.

Pin/sematkan Command Prompt di Start

Agar mengakses Command Prompt lebih mudah, kita dapat melakukan pin/semat kedalam Start. Caranya adalah dengan klik Start dan ketik “cmd.exe”. Kemudian klik kanan pada hasilnya dan klik “Pin to Start Menu” (sesuaikan cara ini jika anda menggunakan Windows 8).

Maka, Command Prompt bisa anda luncurkan langsung dari Start Menu.Pin to Start Menu
Pin to Start Menu

Menjalankan program dengan Command Prompt

Ya, anda bisa menjalankan program melalui Command Prompt. Untuk melakukan hal tersebut, anda harus mengatur beberapa pengaturan. Hal ini cukup anda lakukan sekali saja, dan anda langsung bisa memakainya kapan saja anda inginkan.
Cara ini lebih cepat daripada mencari icon yang ada di desktop ataupun di Start Screen dan Start Menu. Yang perlu anda lakukan jika anda menggunakan cara ini adalah dengan membuka Command Prompt dan langsung mengetikkan nama program dan kemudian enter. Maka program yang anda inginkan akan terbuka.
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuat folder bernama “shortcut” di drive C:\. Nama folder sebenarnya terserah anda, asalkan langkah selanjutnya bisa anda kondisikan dengan tutorial ini. Berarti, jika kita mengakses folder “shortcut” maka direktorinya adalah C:\shortcut. Kemudian, anda harus menambahkan direktori tersebut ke Environment Variable. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Di Windows/File Explorer, klik kanan pada Computer/This Computer dan kemudian klik Properties.
  2. Klik Advanced System Properties.
  3. Pada Tab Advanced, klik Environment Variables.
  4. Dibawah System Variables, carilah variabel Path. Jika ketemu, klik Edit. Tambahkan direktori ;C:\shortcut pada bagian akhirnya. Perlu diingat, jangan sampai anda melupakan tanda titik koma pada direktori tadi.
  5. Dibawah System Variables, carilah variabel PATHEXT. Jika ketemu, klik Edit. Tambahkan ;.LNK pada bagian akhirnya.
  6. Klik OK untuk menyudahinya.
Environment Variable
Environment Variable
Sekarang, anda bisa memindahkan semua shortcut yang ada di desktop ataupun anda bisa membuat shortcut sendiri dan pindahkan shortcut tersebut ke folder C:\shortcut. Agar lebih mudah, anda bisa merubah nama shortcutnya menjadi lebih pendek/singkat. Contohnya seperti dibawah ini:
Menambahkan Shortcut
Menambahkan Shortcut
Jika sudah, anda bisa mencobanya sekarang. Buka Command Prompt dengan menekan tombol CTRL + ALT + C dan ketik aplikasi yang sudah anda jadikan shortcut. Tekan enter jika sudah selesai. Dan selamat, aplikasi anda sudah terbuka.
Menjalankan program melalui CMD
Menjalankan program melalui CMD






Labels: Hacking, Windows

Thanks for reading Menjalankan Program Dengan Super Cepat Melalui Command Prompt. Please share...!

Back To Top