75n1.com

close
close

Follow by Email

Membuat web statis dengan Dreamweaver

Bila anda pemula di bidang internet dan bermaksud membuat web untuk perusahaan atau institusi anda, sementara anda tidak mengerti bahasa pemograman HTML sama sekali, mungkin tutorial ini dapat bermanfaat. Tutorial ini membahas tahap demi tahap untuk membangun sebuah website statis dengan bantuan software Dreamweaver, yakni software yang dapat membantu kita mempermudah dalam perancangan website statis. Apakah Dreamweaver hanya bisa digunakan untuk membuat web statis ? tidak, Dreamweaver bisa digunakan juga untuk membuat web dinamis, namun kali ini saya akan bahas bagaimana membuat web statis untuk pengembangan website anda.


Mendifinisikan Situs Web
Sebelumnya pastikan server lokal anda sudah terinstall dengan baik, pada tutorial ini kita menggunakan xampp for windows.

Tahap awal silahkan anda buka software Dreamweaver dan selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut :
Buka Windows Explorer pada windows, lalu buka folder c:\xampp\htdocs. Pada folder htdocs buatlah folder baru ( nama folder bebas dianjurkan dengan huruf kecil) misalnya “latihan”.
Buka Program Dreamweaver. Pilih Menu Site > New Sites maka akan tampil kotak dialognya.
Pada kotak dialog Site Definition, Klik Menu Advance. Lihat Gambar di bawah ini:
Kotak dialog Site Definition akan ditampilkan dalam mode Advances. Pada bagian Category, pilihlah Local Info. Kemudian isikan item-item berikut:
Site Name. Isikan dengan nama situs yang anda inginkan.
Local Root Folder, isikan nama folder yang telah kita buat sebelumnya pada langkah satu yaitu: C:\xampp\htdocs\latihan
Default Image Folder adalah tempat menyimpan gambar/images : Isikan C:\xampp\htdocs\images




Membuat sketsa web statis

Untuk memulai desain web, buatlah rencana desain web dengan membuat sketsa layout web yang akan anda buat. Draft desain web dapat dilakukan dengan membuat sketsa pada kertas sehingga dapat diketahui jumlah tabel nya. Pada latihan ini, saya membuat rencana desain web sebagai berikut :


Implementasi Layout pada Tabel Dreamweaver



Setelah kita menentukan sketsa layout web yang akan kita buat, selanjutnya layout dapat dibuat dengan bantuan table.
Klik menu insert > table akan tampil kotak dialognya. Isikan pada



Rows : 4
Columns : 3
Table width : 790 pixels
Border thickness : 0
Cell padding : 0
Cell spacing : 0




Jika sudah sesuai, tekan OK, akan tampak di layar monitor table dengan 4 baris (rows ) dan 3 kolom ( columns ).
Agar web kita tampak dilayar berada tepat ditengah-tengah, pilih pada properties nya bagian Align : Center ( Lihat Gambar )





Pada tahapan ini kita sudah berhasil membuat table sesuai layout yang di inginkan. Untuk selanjutnya kita lakukan manipulasi table sesuai layout yang ada sebagai berikut :
Tabel baris pertama dibiarkan apa adanya karena nantinya masing-masing kolom 1, kolom 2 dan 3 akan di isi images web yang akan dibuat header. Images yang akan dipakai sebagai header sebaiknya diletakkan pada folder c:\xampp\hatdocs\images. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah manajemen file pada web apabila file dan gambar sudah sangat banyak.
Blok semua kolom pada baris kedua menggunakan mouse dengan cara klik mouse tanpa dilepas pada table yang akan dimanipulasi baris dan kolomnya, lalu klik menu Modify > Table > Merge Cells, selanjutnya kolom-kolom pada baris kedua akan menyatu menjadi satu kolom saja. Lihat Gambar.
Kemudian pada baris ketiga kita memerlukan modifikasi dua kolom, maka bloklah kolom ke 2 dan ke 3 dengan klik tekan dan jangan dilepas sampai di kolom ke 3 baru dilepas, kemudian klik menu Modify > Table > Merge Cells.
Terakhir, pada baris keempat, kita juga hanya memerlukan 1 kolom saja seperti pada baris kedua, maka caranya sama dengan langkah ke 2.






Gambar : table yang sudah di lakukan modifikasi penggabungan sesuai layout.

Penjelasan :
Columns adalah banyaknya kotak horizontal
Rows banyaknya kotak secara vertikal
Cells Spacing jarak antara satu sel dengan sel lainnya.
Cell Padding jarak anatara tepi sel dengan obyek yang ada di dalamnya.
Border Thickness: Garis pinggir dari table ( baik baris maupun kolom )

Membuat Header Website Statis

Pada latihan web statiskali ini, anda membutuhkan contoh images yang saya buat untuk totorial ini dan bisa di download di website sini.


Membuat Header Baris Pertama

Mari kita membuat header web statis kita dengan cara sebagai berikut :
Letakkan kursor pada kolom 1 baris pertama, lalu klik menu insert > Images, akan tampil menu dialognya, cari file gambar dengan nama header_01 klik OK.
Kemudian pindahkan kursor pada kolom ke 2 di baris pertama dan masukkan gambar kedua file header_02 , caranya sama dengan langkah 1.
Pindahkan lagi kursos ke kolom 3 di baris pertama lalu masukkan header_03. klik OK, Lihat Gambar dibawah ini:





Hiasan Header Baris Kedua

Baris kedua merupakan header web dan bagian ini biasanya diletakkan teks berjalan dari kiri ke kanan ( marquee ) atau bisa jadi tempat untuk membuat menu bagian atas.

Letakkan kursos pada baris kedua, lalu pilih pada Properties nya warna yang anda suka misalnya Warna Hijau Tua kode BG: #003300 ( lihat gambar ). Pada tahapan ini header website sudah tampak sesuai rencana. Header baris ke dua ini dapat digunakan untuk menampilkan teks berjalan pada web.





Content untuk kolom Navigasi.

Baris ketiga mempunyai dua kolom, pada kolom 1 akan ditempati link-link atau tombol yang berfungsi untuk navigasi pada website yang kita buat.

Sebelum navigasi dibuat, sebaiknya buat daftar tombol navigasi pada web yang akan kita buat. Misalnya :
Home – file : index.html
About me – file : about.html
Contact us – file : contact.html
My Family – file : family.html
My Friend – file : friend.html

Navigasi yang akan dibuat ini bisa dituliskan pada kertas catatan atau dokumen teks supaya nantinya mudah di copy paste saat membuat navigasi.



Cara membuat navigasi pada dreamwaver.
Letakkan kursor pada kolom 1 di baris ketiga, lalu pilih pada propertiesnya bagian Horz: Center dan Vert:Top sehingga button yang dibuat akan selalu berada ditengah dan di atas.
Klik menu Insert > table akan tampil kotak dialog, Isikan pada 


Rows : 5,
Columns: 1,
Table Width: 100 pixels,
Border : 0,
Cell padding : 0 dan
Cell spacing : 0.





Simpan file dan diberi nama : index.html

Catatan : file harus disimpan terlebih dahulu dan diberi nama index.html kalau tidak, tombol navigasi belum bisa dibuat.
Pada table yang baru kita buat, letakkan kursos pada baris pertama, lalu klik menu Insert > Interactive Image > Flash button akan tampil kotak dialognya. 
Pilih pada Style : ( pilih sesuai keinginan ), 
Button text : Home 
klik OK untuk mengakhiri (Lihat Gambar)

Masukan ke empat tombol lainnya satu persatu caranya sama dengan langkah 3. Kita hanya mengubah pada bagian Button teks dan Link nya saja. 
Buat Background menu dengan warna Hijau Tua.


Content Untuk Kolom Utama

Konten utama merupakan menu home yang tampil pada saat web pertama kali di akses. Cara membuatnya adalah sebagai berikut :
Letakkan kursos pada kolom kedua di baris ketiga, lalu pada properties pilih bagian Vert : Top. Kemudian, tekan tombol Ship+Enter di Keyboard untuk pindah baris. Tuliskan teks SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI.
Untuk selanjutnya tekan tombol Enter pada keyboard.
Klik Menu Insert > Image akan tampil kotak dialognya, carilah gambar gadis.gif. Hasilnya terlihat pada gambar dibawah ini



Tulislah teks informasi secukupnya di sebelah kanan gambar.
Agar teks tidak berada di bawah gambar, lakukan teknik sebagai berikut :
Pilih gambar tersebut dan atur propertiesnya isikan pada :
> H Space : 20 
> Align : Left.

Teks informasi akan berpindah ke sebelah kanan gambar ( tepat berdampingan dengan gambar ). Lihat Gambar :



Keterangan :

Space : Untuk menambah area kosong di sekeliling gambar V.

Space untuk menambah area kosong di atas dan di bawah gambar. 
H Space untuk menambah area kosong di samping kanan dan kiri gambar.

Align : Untuk menentukan perataan antara gambar dan teks. Misalnya Align : Left ( perataan kiri ), gambar tepat berada di sebelah kiri teks.

Bagian Footer


Bagian footer terletak baris keempat, yang akan kita isikan tulisan misalnya Copyright © Tahun 2009 By Ucha Design. Cara membuat hampir sama dengan menu header baris kedua :
Letakkan kursor pada baris keempat, lalu pilih properties nya dengan warna BG #000000. ( Warna Hitam)
Letakkan teks Copyright © Tahun 2009 By Ucha Design lalu blok tulisan tersebut dan pilih properties untuk warna putih kode #FFFFFF, font, ukuran yang sesuai dengan keinginan kita dapat dilihat pada properties.
Untuk memasukkan karekater copyright di Dreamwaver, klik menu Insert > HTML > Special Character > Copyright.

Memberi Judul Website


Pada saat melihat sebuah situs web pada pojok kiri atas browser judul dari web tersebut. Pada bagian ini default nya tertulis “Untitle Document” dan untuk menggantinya lihat gambar sebagai berikut:

Lihat toolbar bagian atas pada dreamwaver, ada kotak title : isikan sesuai keinginan anda, misalnya, Title : Welcome to my webste.

Akhir Dari Sebuah Halam Web
Sebelum menjalankan web dilocal pastikan file sudah tersimpan dengan nama index.html. Sebab penamaan tersebut sudah didefiniskan pada Apache Server yang tidak akan mengakses langsung apabila diberi nama selain index.html.
Jalankan web browser dengan perintah http://localhost/latihan maka web anda harus tampil di monitor, selama tidak ada kesalahan pada pendefinisan situs, dan penamaan file.

Membuat Menu Konten Lainya
Lihat kembali daftar tombol navigasi diatas :
Home à Nama file : index.html
About me --à Nama file : about.html
Contact us --à Nama file : contact.html
My Family -à Nama file : family.html
My Friend à Nama file : friend.html

Catatan : nama file dianjurkan dibuat dengan huruf kecil semua untuk mempermudah penulisan kembali dan hal ini sangat berpengaruh apabila suatu saat web kita letakkan di server linux yang kebanyakan dipakai oleh server hosting internet .

Membuat Halamam About Me, Contact Us, dan lain-lain, ikuti prosedur sebagai berikut:
Masih pada halaman utama ( file: index.html ) simpan file tersebut dengan nama baru Save As: about.html ( lihat daftar menu tombol navigasi).
Pada saat ini halaman baru berada pada file : about.html. Kontent untuk kolom ke dua baris ke tiga diganti isinya sesuai rubrik About Me. Isikan foto penunjang disesuaikan dan diganti sesuai keinginan dan selanjutnya disimpan kembali.( File > Save )

Prosedur yang sama juga berlaku untuk halaman-halaman lainnya yaitu contact.html, family.html, friend.html.





Jalankan web browser dengan perintah http://localhost/latihan maka web anda harus tampil di monitor, selama tidak ada kesalahan pada pendefinisan situs, dan penamaan file, maka tombol navigasi akan berjalankan sesuai harapan, semua image akan muncul, halaman web tidak terjadi broken link dan web tampak lebih indah.

Selamat mencoba…..

Labels: website

Thanks for reading Membuat web statis dengan Dreamweaver. Please share...!

0 Comment for " Membuat web statis dengan Dreamweaver"

Back To Top