75n1.com

close
close

Follow by Email

Memaksimalkan Ruang Data HDD/SSD Pada Tablet Windows


Apakah anda memiliki tablet yang menggunakan sistem operasi Windows? Jika punya, anda harus dengan bijak menggunakan kapasitas HDD/SSD, karena biasanya kapasitasnya tidaklah terlalu banyak seperti di laptop. Sebagai contohnya adalah Microsoft Surface, yang hanya memiliki kapasitas SSD 64 GB dan 128 GB. Sehingga, anda harus memaksimalkan penggunaannya, agar lebih efisien.






Biasanya, Windows yang terinstall di tablet anda akan memakan ruang data sebanyak 30 GB. Tentu saja itu sudah terlalu banyak. Anda tentu berpikir untuk menghemat data-data anda yang disimpan. Tapi, jangan khawatir, Windowsku akan memberikan beberapa tips yang mungkin dapat membantu anda dalam memaksimalkan ruang data di tablet anda. Berikut tipsnya:

Mengurangi Ukuran Instalasi Windows


Biasanya, tablet yang anda beli berisikan bloatware yang tidak anda inginkan. Bloatware adalah sebuah software yang sudah diinstall pada saat anda membeli tablet, padahal anda tidak pernah memintanya. Biasanya, tablet yang anda beli sudah disediakan antivirus trial yang harus anda beli untuk menggunakannya. Jika ada software seperti itu, silahkan saja hapus untuk menambah ruang data HDD maupun SSD anda.

Selain itu, anda bisa mematikan beberapa fitur di Windows yang tidak anda inginkan. Dengan menghapusnya, anda dapat mengurangi instalasi Windows. Caranya adalah buka Control Panel. Pada kotak search, ketik “windows feature” dan klik “Turn Windows features on or off”.

Maka, jendela Windows Features akan tampil. Disana, anda bisa menghilangkan tanda centang pada fitur yang tidak anda inginkan. Sehingga, ruang data di tablet anda dapat ditambah. Jika sudah, klik OK.

Pastikan anda mematikan fitur yang anda tidak pakai, sehingga anda tetap bisa menggunakan fitur lainnya yang anda butuhkan. Jika anda ingin menghidupkan kembali fitur yang sebelumnya sudah anda matikan, buka kembali Windows Features dan beri tanda centang pada fitur tersebut dan klik OK untuk mengembalikannya.

Mematikan fitur Hibernate


Hibernate merupakan fitur di Windows yang memungkinkan semua data di Random Access Memory (RAM) disimpan di dalam harddrive, agar cepat diakses pada saat Windows dihidupkan. Namun, jika fitur ini dihidupkan, akan memakan ruang data sebanyak 2 hingga 4 GB. Sehingga, mematikan fitur ini dapat menambah ruang data anda.

Untuk mematikan Hibernate, anda bisa menggunakan Microsoft Fix-It untuk membantu anda. Anda bisah mengunduhnya disini. Jika anda tidak ingin menggunakan Fix-It, anda bisa menggunakan Command Prompt untuk melakukannya.

Caranya adalah buka Command Prompt dengan cara buka Start (Start Screen jika anda pengguna Windows 8) dan ketik “cmd”. Klik kanan dan klik ‘Run as Administrator’.

Lalu, ketika Command Prompt terbuka, ketiklah “powercfg.exe /hibernate on“. Jika sudah, tutup Command Prompt dan ruang data sudah ditambah.

Menggunakan SD Card


Kebanyakan tablet yang dijual sudah ada slot Micro SD. Dengan menggunakan slot ini, anda dapat menambahkan Micro SD untuk menambah ruang data di tablet anda. Harganya juga tidaklah terlalu mahal. 64 GB Micro SD dapat anda beli dengan harga Rp. 570.000 (kisaran).

Namun, perlu anda perhatikan bahwa kecepatan transfer di SD Card sangatlah jauh dibandingkan SSD yang ada di tablet anda. Jadi, jangan heran jika anda melakukan instalasi software di SD Card akan memakan waktu cukup lama untuk membukanya.

Tapi, tidaklah terlalu buruk jika anda membeli SD Card untuk sekedar menyimpan lagu ataupun video anda. Kebanyakan orang tidak terlalu menganggap serius hal yang saya sebutkan diatas.

Cloud Storage? Data anda berada di awan


Pernah terbesit di pikiran anda menggunakan Cloud Storage? Cloud Storage adalah penyimpanan data melalui internet dan disimpan pada server orang lain. Banyak sekali tempat penyimpanan data di internet. Sebut saja mediafire yang dapat anda gunakan. Disana, tersedia 50 GB ruang data yang dapat anda gunakan. Selain itu, rapidshare, 4shared, SkyDrive, DropBox, Google Drive, dan lain sebagainya. Jadi, tergantung selera anda.

                               HDD/SSD Eksternal? Hmm, boleh tapi tidak terlalu direkomendasikan

Anda pasti memikirkan HDD/SSD eksternal, namun perangkat tersebut tidak terlalu mobile. Artinya, ukuran yang cukup besar dan tidaklah terlalu praktis untuk dibawa kemana saja. Jika anda menggunakan SD Card seperti yang saya sebutkan diatas, anda bisa menancapkannya di tablet anda tanpa harus melepaskannya. Sehingga, sangat praktis dan tidak repot.

Namun, jika anda lebih memilih HDD/SSD eksternal karena kapasitasnya lebih besar dan anda tidak perlu membawa data itu kemana saja, HDD/SSD eksternal menjadi pilihan yang pas untuk anda.



Labels: Windows

Thanks for reading Memaksimalkan Ruang Data HDD/SSD Pada Tablet Windows. Please share...!

Back To Top