75n1.com

close
close

Follow by Email

Cara Menginstal Puppy Linux

Jalankan Live CD Puppy Linux (dalam hal ini diriku menggunakan Puppy Linux 4.3.1, versi terbaru saat postingan ini dibuat, namun bisa diikuti dengan Puppy Linux versi mana saja) dan tunggu sampai muncul tampilan desktop Puppy Linux (4.3.1)

Pilih Menu >> System >> GParted partition Editor

Pilih sda internal drive. Descr : (tergantung jenis dan merk harddisk) lalu klik OKAY

Mulai dari sini ku-asumsi-kan aja kita punya sebuah harddisk yang sudah dipartisimenjadi 2 bagian, kalau di Windows terbaca C: dan D: (biasa’a C: adalah tempat kita install OS WinXP), nah kalau di Linux partisi tersebut akan terbaca /dev/sda1untuk C: dan /dev/sda5 untuk D: dan seterusnya. Sekarang kita akan membuat 2 partisi yang akan kita gunakan untuk install Puppy Linux, jika seluruh isi harddiskkita telah dipartisi maka langkah pertama adalah pilih partisi yang masih memilikiruang kosong, misal partisi D: (sda6) masih kosong maka klik kanan pada partisi tersebut dan pilih Resize untuk mengubah ukuran partisi, dalam hal ini diriku mengambil ruang sebanyak 2,5Gb dari partisi D: (sda6). Ketika kita punya partisi kosong sebanyak 2,5Gb langkah selanjutnya adalah membuat sebuah partisiberformat ext3 untuk tempat installasi Puppy Linux, maka tinggal klik kanan pada partisi kosong (New atau Ctrl+N), buat partisi baru dan pilih tipe ext3. Selanjutnya kita buat partisi linux-swap, caranya sama saja klik kanan partisi yang masih kosong (sisa) dan pilih buat partisi baru, lalu tentukan tipe sebagai linux-swap. Saya rekomendasikan ruang untuk linux-swap 2x kapasitas RAM yang kita pakai. Jadi bila kita pakai RAM 128MB maka lebih baik partisi linux-swap dibuat 256MBdan untuk partisi ext3 pakai sisanya aja soal’a Puppy Linux ini tar g’ bakal sampai1Gb besar’a. Nah sekarang tinggal pilih menu Edit dan Apply All Operation atau langsung klik icon Apply.

Setelah beres membuat partisi langkah selanjutnya tinggal mulai proses installasi, klik Menu >>

Setup >> Puppy Universal Installer

Pilih Internal (IDE or SATA) harddrive karena kita akan meng-install Puppy Linux keharddisk.


Klik OK aja


Nah sekarang pilih tujuan installasi (dalam hal ini kita pilih Install Puppy to sda6) karena sda6 adalah partisi ber-format ext3 yang telah kita buat.

Lalu klik OK aja

Pilih source/sumber installasi Puppy Linux, dalam hal ini kita pilih CD aja soalnya emang kita jalankan Puppy Linux via Live CD, tapi bisa juga pilih Directory kalau kita masih punya file ISO dari Puppy Linux yang akan kita install.

Setelah yakin CD ada didalam klik OK aja.

Nah sekarang pilih Full karena kita akan menggunakan seluruh partisi sda6 yang telah kita buat.

Tunggu sebentar ketika proses peng-copy-an file2 Puppy Linux dari CD kedalam partisi sda6 berjalan


Tunggu lagi aja… ^_^


Pilih install/update GRUB


Lalu pilih install aja…


Klik OK aja.

Pilih simple untuk kemudahan installasi GRUB.

Pilih standard aja sebagai pilihan default.

Tentukan partisi dimana Grub akan ditaruh, dalah hal ini biarkan saja Grub ditaruh di /dev/sda6

Lalu pilih MBR saja karena kita akan membuat Puppy Linux dual boot denganWindows XP yang sudah kita install sebelumnya. Jika kita hanya akan meng-installPuppy Linux sebagai single boot pilih Root saja

.
Selanjutnya kosongkan saja jika didalam komputer kita hanya terdapat satu harddisk, jika terdapat 2 harddisk atau lebih tinggal tulisakan saja lokasi Grubsesuai harddisk yang akan kita pakai, jika kita akan memakai harddisk keduaisikan /dev/sdb dan jika akan memakai harddisk pertama isikan /dev/sda

Nah ini konformasi bahwa Grub telah ter-install

Pilih No saja karena kita sudah selesai dengan proses installasi-nya

Ini langkah tambahan, jika kita ingin meng-ubah konfigurasi Grub tinggal masuk ke/mnt/sda6/boot/grub dan buka file menu.lst dan ubah sesuai kebutuhan, hilangkan tanda # pada baris timeout 30 jika kita ingin boot otomatis setelah menunggu 30 detik dan jika ingin merubah nama boot tinggal ubah baris title, misal pada title Windows menjadi Windows XP Professional atau pada baris title Linux menjadi Puppy Linux 4.3.1 dan setelah itu coba restart komputer

Inilah hasil-nya jika kita berhasil meng-install Puppy Linux kedalam harddisk, perubahan terjadi pada sda6, sekarang ada tanda bola kuning. Berbeda denganbola hijau yang menandakan bahwa partisi tersebut sedang di-mount.

Labels: Linux

Thanks for reading Cara Menginstal Puppy Linux. Please share...!

Back To Top