75n1.com

close
close

Follow by Email

Cara Membuat Aplikasi Android dengan Netbeans

Android adalah Sistem operasi yang mendukung berjuta aplikasi. Terkadang, kita ingin sebuah aplikasi tetapi saat di cari di Google play store atau penyedia aplikasi lain tidak ada. Meskipun ada, mungkin tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Kita bisa coba buat aplikasi sendiri. Buat kamu yang mempunyai basic programmer, membuat aplikasi tentu tidak akan sulit. Nah, bagaimana jika kamu orang biasa yang belum mengetahui tentang pemrograman tapi ingin membuat aplikasi android. Beberapa minggu lalu kita sudah membahas Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Dengan Eclipse. Kini, ada software alternatif selain eclipse, yaitu netbeans. Membuat aplikasi Android dengan Netbeans tidak jauh berbeda dengan Eclipse, yang penting kita harus terus belajar dan mencoba.

Membuat Aplikasi Android dengan Netbeans
Sebelumnya kami sudah mengulas berbagai tools dan aplikasi baik gratis maupun berbayar di artikel yang berjudul Cara Membuat Aplikasi Android dengan Mudah. Silahkan dibaca yah

Netbeans adalah Sebuah proyek open source code yang mempunyai pengguna yang sangat luas. Netbeans ada dua, yaitu Netbeans IDE dan net beans Platform. Netbeans IDE adalah salah satu aplikasi IDE yang ditulis dengan dalam Java dan digunakan programmer untuk menulis, mengompile, mencari kesalahan, dan menyebarkan program. Sedangkan Netbeans Platform adalah fondasi yang modular dan dapat diperluas yang dapat difungsikan sebagai Basic software untuk membuat aplikasi desktop yang berkapasitas besar. Kali ini kita akan membahas cara membuat aplikasi Android dengan Netbeans. Simak langkah – langkahnya. 


  1. Pertama kita memerlukan alat alat nya yaitu
    • NetBeans, Bisa di download di sini, dan pilih sesuai support PC kamu>>  NETBEANS 
    • Android SDK, bisa di download di sini >> ANDROID SDK
  2. Install Aplikasi Netbeans di PC untuk memulai membuat aplikasi android dengan Netbeans.
  3. Install Android SDK, langkah – langkahnya sama dengan postingan kita yang lalu. Klik ganda SDK Setup.exe untuk mulai menginstall. Pilih paket yang di rekomendasikan Android SDK.
  4. Untuk membuat aplikasi android dengan Netbeans, kita perlu menambahkan plugin android di Netbeans IDE yang kita install. Caranya klik Tools , lalu Plugins. Di bagian tab setting, klik add. Lalu masukkan nama Plugin, dan alamat URL. Untuk alamat URL isi denganhttp://kenai.com/projects/nbandroid/downloads/download/updatecenter/updates.xml  jika kamu menggunakan Netbeans 6.9 dan isi http://nbandroid.org/release72/updates/updates.xml jika kamu menggunakan Netbeans 7.2.1 lalu klik OK.
  5. Beralih ke tab Available Plugins cari Plugin Android, biar lebih mudah ketikan Android di kolom Search lalu klik search. Jika sudah ketemu, klik Install.
  6. Klik Next pada Android IDE installer.
  7. Klik centang pada bagian bawah term and conditions. Jika ingin di baca dulu ya silahkan. Kalau tidak, langsung klik Install.
  8. Abaikan jika muncul The following plugins are unsigned.  Klik Continue pada kolom validation warning.
Nah, sekarang kita telah menambahkan plugin android pada Netbeans IDE. Selanjutnya kita menambahkan Platform ke Netbeans IDE. Caranya : 
  1. Pada Netbeans IDE klik tools lalu Java Platform, lalu klik Add platform. Klik pada pilihan Google Android Open Handheld Platform , lalu klik next.
  2. Pada jendela Choose platform folder, browse folder tempat SDK berada. Misalnya di C:\ atau D:\, lalu klik Next.
  3. Pada jendela add Java Platform, pilih OS android yang ingin kamu install. Biasanya yang dipilih adalah android 2.2 Froyo pada standart compile, karena lebih universal. Sedangkan pada Target compile kamu bisa pilih Android 2.3 atau 4.0 sesuai aplikasi kamu.
  4. Setelah itu klik Finish dan Close. Maka Java Platform telah ditambahkan.
  5. Langkah berikutnya adalah membuat AVD. Untuk membuat AVD kita sudah membahasnya pada postingan lalu, jadi kita skip saja.

Jika semua sudah kita install, kita bisa langsung Membuat aplikasi android dengan Netbeans sesuai keinginan kita. Untuk membuat aplikasi kita menggunakan bahasa pemrograman Java. Kalau kamu belum tau kamu bisa coba cari contoh – contoh aplikasi di google. Sebagai contoh kita membuat aplikasi menampilkan kata – kata di android.
  1. Pertama buka File lalu New Project, pilih android platform.
  2. Isi project name dan dan kolom lain, lalu pilih target platform android yang kita inginkan. Klik Finish.
  3. Di Mainactivity.java Copy teks berikut ini



package org.me.hellodroid;

import android.app.Activity;

import android.os.Bundle;

import android.widget.TextView;



/**

* @author Sobat

 */

public class MainActivity extends Activity {

    public void onCreate(Bundle icicle) {

        super.onCreate(icicle);



        TextView tv = new TextView(this);

        tv.setText("Hello Sobat. Selamat datang di Android");

        setContentView(tv);

    }

}

          Selanjutnya klik Run, lalu kata-kata tersebut akan tampil di android kamu. Mudah bukan? Itu baru aplikasi sederhana. Dengan banyak belajar dan mencoba, kamu bisa membangun sebuah aplikasi yang berguna bagi semua nya. Jangan takut untuk terus mencoba. Awkward
Labels: Pemograman

Thanks for reading Cara Membuat Aplikasi Android dengan Netbeans. Please share...!

Back To Top